Agar Blackberry Tidak Lemot, Ikuti Manajemen Memory Internalnya disini - Ilmukelasberat on Blogspot
Paling Hott !!! :
Home » » Agar Blackberry Tidak Lemot, Ikuti Manajemen Memory Internalnya disini

Agar Blackberry Tidak Lemot, Ikuti Manajemen Memory Internalnya disini

Ditulis oleh Ilmukelasberat on Blogspot Hari Friday, June 22, 2012 | 3:25 AM

Mungkin tulisan ini sudah basi atau ketinggalan, tapi tidak ada salahnya di bagi ulang, karena masih banyak pengguna BlackBerry yang belum mengetahui trik dalam mengatasi ke-Lemotan Blackberrynya.

Kita tahu salah satu kelemahan dari BlackBerry adalah kita tidak bisa menginstall aplikasi di dalam media card tambahan jadi percuma saja media card kita kapasitasnya besar karena mau tidak mau kita tetap harus me-manage memory internal BlackBerry kita dengan baik. Kapasitas Memory Internal ini bisa kamu lihat di Options - Memory dan akan terlihat disana Free Space dari Application Memory Blackberry kita, kapasitas ini tergantung dari jenis blackberry yang ada dipasaran, semakin tinggi tahun pembuatannya, maka kapasitas memory aplikasinya akan semakin besar. Berikut trik bagaimana me-manajemen kapasitas dari memory aplikasi teman-teman:
  • Hapus (delete) semua messages yang tidak penting, baik itu email atau sms/mms. Email dengan attachment yang besar usahakan baca hanya melalui PC.
  • Hapus (delete) browser cache. Caranya: buka browser, klik menu (logo bb), klik options, klik cache operations, klik clear history.
  • Tutup semua conversation yang tidak penting di bbmessenger, YM, GT, MSN, dan lain-lain.
  • Hapus (delete) cache di aplikasi FB. Caranya: buka FB, klik menu (logo bb), klik options, klik clear cache.
  • Hapus (delete) semua miss calls. Caranya: buka "messages", klik menu (logo bb), klik view folder, klik missed calls, klik menu, klik delete prior.
  • Hapus (delete) phone call logs. Caranya: buka "messages", klik menu, klik view folder, klik phone call log, klik menu, klik delete prior.
  • Hapus (delete) event log. Caranya: dari Home Screen tahan tombol alt, lalu klik hurur L G L G, lalu tekan menu (logo bb), klik clear log.
  • Bersihkan temp memory. Caranya: buka "options", klik security options, klik memory cleaning, klik menu (logo bb), klik clean now, klik save.
  • Lakukan Soft Reset. Caranya: tekan alt - shift (aA) kanan - del secara bersamaan, tahan kira-kira 3 detik (sampai screen mati).
  • Mulailah untuk menginstall aplikasi-aplikasi yang penting saja, karena walaupun kita telah menghapusnya dari menu blackberry, recent (sampah-sampah) dari aplikasi tersebut masih ada jika kita melihatnya dengan Software BlackBerry Desktop melalui komputer kita
  • Batasi Group Blackberry temen-temen, selain menghabiskan baterai dan ribut karna akan selalu muncul notifikasi dari anggota group yang lain, hal ini juga akan membuat memory aplikasi di blackberry temen-temen akan kepenuhan oleh log-log (berkas-berkas) hasil dari group. Namun jika temen-temen masih ingin memiliki banyak group, batasi notifikasi nya di Group Blackberry temen-temen.
  • Segera Endchat jika tidak merasa perlu. Jika temen-temen merasa bahwa percakapan dengan seseorang itu penting, temen-temen dapat juga menyimpan percakapan tersebut di media card dengan melakukan setting di BBM -> Options -> Cari Save Chat History lalu pilih media card, jangan membiasakannya selalu ada di chat list.
  • Hapus Email lama temen-temen, ini adalah penyumbang terbesar dari blackBerry lemot, untuk itu hapus email yang sudah tidak diperlukan terutama email yang memiliki attachment cukup besar. Saat melakukan delete biasanya akan muncul pilihan 'On Mailbox & Handheld' (email di BlackBerry dan di Mailbox Server akan dihapus) atau pilih 'On Handheld' (hanya email di BlackBerry saja yang dihapus) bila email ingin tetap disimpan di mailbox server kita.
  • Maksimalkan penggunaan Memory Eksternal atau Media Card, karena penyimpanan foto, lagu, video dan lainnya sebaiknya disimpan ke dalam memori eksternal atau media card. Caranya setting: Menu BlackBerry -> Options -> Memory -> Ganti status media Card Support menjadi ON.

Selain itu kita juga bisa mengaktifkan aplikasi Memory Cleaner, yang sebenarnya aplikasi ini sudah ada di setiap BlackBerry tapi anehnya aplikasi ini tidak ditampilkan di menu utama blackberry atau di folder aplikasi seperti aplikasi lainnya.

Berikut cara mengaktifkan Memory Cleaner:

1. Di menu utama, pilih Options
2. Lalu pilih Security Option

              
3.  lalu masuk ke Advance Security Options

              
4. pilih Memory Cleaning

              
5. Rubah opsi Disabled menjadi Enabled.
               
6. Enabled Preview

               
7.  Rubah menjadi "Yes" pada opsi "Show Icon on Home Screen" lalu Save/Simpan

               
8. Cari ikon Memory Cleaner di menu utama, bila tidak ada cari pada folder application, pindahkan ke menu utama untuk memudahkan penggunaan applikasi tersebut.

               
Perlu di ingat tips-tips ini diambil dari BalckBerry OS 5, untuk OS 6 atau mungkin OS 7 pada prinsipnya sama saja hanya berbeda di penempatan dimana menu menu tersebut di simpan. Semoga bermanfaat.
Bagikan Artikel ini melalui :

0 comments:

Silahkan berkomentar sesuai norma dan etika. Tunjukan kalau anda punya pola pikir berkualitas. Terima kasih.

 
Ikut membantu, klik kami : Sponsor 1 | Sponsor 2 | Sponsor 3 | Sponsors 4
Copyleft © 2012. Ilmukelasberat on Blogspot - Opensource, silahkan copy, sertakan link sumbernya.
Beranda
Didukung oleh Blogger