15 MEI 1957, INGGRIS PERTAMA KALI UJI COBA BOM HIDROGEN - Ilmukelasberat on Blogspot
Paling Hott !!! :
Home » » 15 MEI 1957, INGGRIS PERTAMA KALI UJI COBA BOM HIDROGEN

15 MEI 1957, INGGRIS PERTAMA KALI UJI COBA BOM HIDROGEN

Ditulis oleh Ilmukelasberat on Blogspot Hari Monday, June 4, 2012 | 4:21 AM


Hari ini 15 mei, 55 tahun yang lalu, Inggris untuk pertama kalinya meledakkan bom hidrogen berkekuatan dahsyat di Pulau Christmas. Pulau itu terletak di wilayah terpencil di Samudera Pasifik.
Uji coba itu merupakan bagian dari program senjata termo-nuklir yang mulai dilakukan Inggris pada Desember 1954 untuk membangun bom hidrogen megaton. Kekuatan ledakan bom itu sama dahsyatnya dengan satu juta ton peledak TNT.

Uji coba bom hidrogen kala itu menggunakan pesawat jet Angkatan Udara Inggris, Valiant. Untuk meminimalkan risiko, Inggris menjatuhkan bom dari ketinggian di atas Pulau Christmas yang tak berpenghuni. Tim ilmuwan Inggris hanya butuh waktu dua tahun untuk mempersiapkan tes itu, jauh lebih cepat dari yang dilakukan Amerika Serikat, yaitu tujuh tahun.
Namun, tes itu justru mengakibatkan perdebatan di Inggris mengenai bahaya senjata nuklir. Pada 1958 muncul kampanye perlucutan senjata nuklir yang mendesak Inggris untuk tidak lagi mengembangkan senjata pemusnah massal itu. Gerakan tersebut akhirnya diterapkan secara global hingga kini.
Bagikan Artikel ini melalui :

0 comments:

Silahkan berkomentar sesuai norma dan etika. Tunjukan kalau anda punya pola pikir berkualitas. Terima kasih.

 
Ikut membantu, klik kami : Sponsor 1 | Sponsor 2 | Sponsor 3 | Sponsors 4
Copyleft © 2012. Ilmukelasberat on Blogspot - Opensource, silahkan copy, sertakan link sumbernya.
Beranda
Didukung oleh Blogger